Cara Mengatasi Laptop/Komputer yang Bluescreen

Bad Sistem Config Info adalah informasi yang ditampilkan ketika sistem operasi Windows mengalami error berupa Blue Screen of Death (BSoD). Biasanya sistem akan menampilkan pula pesan berupa tulisan (Windows stop code 0x00000074).

Pada tampilan tersebut, Windows sebenarnya memberikan petunjuk mengenai permasalahan yang sedang dialami. Hanya saja petunjukan tersebut berupa kode yang tidak semua orang memahaminya.

Saat komputer atau laptop mengalami pesan tersebut, kalian jangan panik. Kebanyakan masalah ini masih bisa diperbaiki dengan cara yang mudah dan cepat. Nah, jika kalian pernah mengalami hal tersebut, berikut ada beberapa solusi beserta penjelasan yang diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa harus pergi ke service center.

Restart komputer

Sebelum melangkah lebih jauh, cara paling mudah yang bisa kalian coba terlebih dahulu adalah dengan me-restart komputer. Beberapa permasalahan memang bisa jadi akibat terjadinya konflik antara software, driver, maupun sistem operasi ketika dijalankan bersamaan. Ketika restart, sistem akan berjalan secara normal dan kemungkinan software lain yang berjalan dibelakang diharapkan telah berhenti.

Jalankan SFC dan CHKDSK

Bad Sistem Config Info yang terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan kerusakan file sistem pada Windows. Oleh karena itu kalian bisa memeriksanya menggunakan SFC (System File Check) yang ada di Windows. Namun sebelum menggunakannya, pastikan SFC berfungsi dengan benar. Untuk itu dibutuhkan lagi DISM (Deployment Image Servicing and Management Tool). Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

– Jalankan Command Prompt sebagai admin, caranya klik Start dan ketik Command Prompt, saat tampil klik kanan dan pilih Run as administrator.

– Pada Command Prompt, ketik perintah DISM /online /cleanup-image /restorehealth

– Selanjutnya perintah tersebut akan memproses dan memeriksa sistem. Lamanya tergantung dari kondisi sistem yang diperiksa. Tunggu hingga benar-benar selesai.

– Ketika proses selesai, lanjutkan dengan mengetik sfc /scannow dan tekan Enter.

– Setelah perintah SFC selesai, jalankan lagi Command Prompt dengan pilihan Run as administrator untuk menjalankan perintah CHKDSK.

– Sebagai informasi, jika DSIM memeriksa file sistem pada Windows, maka CHKDSK akan memeriksa seluruh struktur file yang ada di storage.

– Pada Command Prompt, ketik chkdsk /r dan tekan Enter. Perintah ini akan memindai seluruh sistem dan secara otomatis akan memperbaiki permasalahan yang ada.

Mengembalikan Registri

Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengembalikan (restore) registri. Bad Sistem Config Info juga kebanyakan berhubungan dengan masalah registri pada Windows. Mengembalikan registri ini bisa dilakukan secara manual atau lebih mudahnya menggunakan fitur System Restore. Jika fitur ini aktif, maka cara ini ampuh. Tapi jika belum aktif, berarti kalian bisa mencoba langkah lain.

Untuk menggunakan System Restore, tekan Windows + S dan ketik Restore. Nantinya pilih Create a restore point. Akan terbuka jendela System Properties > System Protection yang akan menampilkan apakah sudah aktif, konfigurasi settings, atau membuat Restore Point baru. Jika ingin menggunakan untuk mengembalikan registri, pilih System Restore dan pilih point dimana kalian ingin mengembalikan ke semula. Kemudian ikuti panduannya.

Perbaiki Boot Configuration Data (BCD)

Jika cara-cara sebelumnya belum bisa menyelesaikan masalah, kalian bisa coba dengan memperbaiki BCD. Untuk itu dibutuhkan media bootable Windows 10 installation (bisa berupa flashdisk). Setelah siap, lakukan booting melalui flashdisk tersebut. Dari menu Windows 10 installation, pilih Repair your computer. Kemudian arahkan ke Troubleshoot > Advanced Options > Commnd Prompt.

Dari sini ketik perintah bootrec /osscan, lalu ketik lagi bootrec /repairmbr, setelah selesai tutup Command Prompt dan matikan komputer dan cabut flashdisk dan booting secara normal.

Posting Komentar

0 Komentar