9 Penyebab Windows Crash

Pernahkah komputer atau laptop kalian mengalami crash? Jika iya, berikut beberapa hal yang bisa kalian periksa terlebih dahulu sebelum membutuhkan bantuan jasa dari layanan perbaikan. Siapa tau permasalahan tersebut bisa langsung dipecahkan tanpa harus keluar biaya sedikit pun.

Masalah RAM

Karena RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara, maka Windows akan sering mengalami crash jika komponen ini bermasalah. Pesan error seperti Fatal Exception Error biasanya muncul ketika Windows hendak mengambil data dari memori tetapi sistem tidak bisa melakukannya dengan benar. Jika pesan ini terus tampil, kalian bisa memeriksa terlebih dahulu RAM menggunakan tool seperti MemTest86. Namun kalian juga mesti memastikan apakah RAM terpasang denga benar pada slot-nya. Dan jika RAM bukan penyebabnya, ada kemungkinkan permasalahan ada pada motherborad yang digunakan.

Masalah Driver

Driver merupakan software yang memungkinkan Windows terhubung dengan hardware. Dan jika diver mengalami kerusakan, ini bisa membuat sistem jadi crash atau hang. Biasanya ini disebabkan oleh instalasi driver secara manual yang tidak sesuai dengan hardware-nya. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa memeriksa melalui Device Manager dan memastikan tidak terdapat simbol error atau konflik pada hardware yang digunakan. Jika hal initerjadi, hapus driver yang bermasalah dan pastikan mengunduh driver yang tepat melalui situs resmi dari hardware yang digunakan.

Bad Sector

Biasanya jika storage (HDD atau SSD) bermasalah atau ada tanda-tanda akan mengalami kerusakan, Windows akan sering mengalami crash. Biasanya crash semacam ini terjadi ketika kalian hendak membuka suatu file. Ini artinya file tersebut tersimpan tepat pada area bad sector. Jika ini terjadi, segera backup data yang masih bisa terselamatkan sebelum kerusakan menjalar ke file-file lainnya.

Panas Berlebih

Panas berlebih bisa menjadi masalah serius yang berimbas pada komponen di dalam komputer. Sistem yang berjalan terlalu panas dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan secara permanen. Pada beberapa kasus, saat panas berlebih komputer akan otomatis melakukan shut down atau mengalami crash. Untuk hal ini, solusinya gunakan pendingin tambahan atau pastikan sirkulasi udara dari komputer mengalir tanpa hambatan. Jika kalian berpengalaman membongkar PC atau laptop, bersihkan debu di bagian dalam. Namun agar lebih aman, sebaiknya bersihkan melalui service center resmi.

Terkena Malware atau Virus

Malware, termasuk juga virus, trojan, dan gangguan sejenis lainnya juga jadi salah satu penyebab sistem sering crash. Untuk itu lakukan pemindaian, minimal menggunakan software bawaan Windows 10 yaitu Windows Defender. Jika masih belum yakin, kalian bisa mencob versi gratis dari Malwarebytes.

Kerusakan pada Registry

Registry Windows menyimpan data besar dari Windows agar sistem berjalan dengan baik. Jika terjadi kesalahan konfigurasi akibat penambahan, penghapusan, atau perubahan pada registry, hal ini akan membuat sistem berpotensi mengalami kekacauan. Dibutuhkan pengetahuan dan ketelitian jika ingin memperbaiki hal ini secara manual. Dan solusi paling mudah untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan reset ulang Windows 10 kalian.

Konflik pada Software

Pernahkah kalian saat menjdi softwar tertentu tiba-tiba Windows mengalami crash dan tidak bereaksi apa-apa. Ini bisa jadi akibat konflik dengan sistem Windows atau software lain. Untuk masalah ini coba hapus software tersebut dan instal ulang. Atau kalian bisa mencari informasi apakah software tersebut menyediakan update atau patch terbaru yang bisa dicari dari situs resmi-nya.

PSU Bermasalah

Jika kalian tidak menemukan masalah yang kami sebutka tadi, ada kemungkinkan Windows sering mengalami crash akibat PSU yang digunakan. Pada PSU yang mengalami masalah, bisa menyebabkan aliran daya yang lemah. Ini yang menyebabkan sistem tidak stabil dan menyebabkan crash. Mengganti dengan PSU baru bisa jadi solusi paling mudah.

Aliran Listrik

Masalah terkait daya lainnya bisa jadi karena listrik di rumah kalian. Atau kemungkinan seperti sirkuit yang kelebihan beban, kabel yang salah, atau komputer yang dicolokkan ke soket ekstensi yang buruk dapat menyebabkan crash karena masalah daya. Untuk mengujinya, coba pindahkan komputer ke ruangan lain dan lihat apakah masalahnya masih ada.

Posting Komentar

0 Komentar